Pages - Menu

Recent

Tuesday, August 23, 2016

Perempuan cantik, ternyata MUMMY





PEREMPUAN CANTIK, TERNYATA MUMI.
 BENARKAH ??




Sosok perempuan cantik mesir yang hidup sekitar 2.000 tahun lalu berhasil di rekonstruksi dengan cetak 3 dimensi. Melalui sejumlah teknik forensik yang di gunakan. Terungkap fakta mengejutkan tentang mumy cantik bernama Meritamun, yang memiliki arti kekasih dewa amun. 


Dilakukan penelitian oleh Para peneliti dari University of Melbourne, Australia, yang bekerjasama dengan Victorian Institute of Forensic Medicine, menggunakan teknologi terbaru untuk merekonstruksi wajah wanita cantik itu, di antaranya yaitu  CT scan, cetak 3D, dan rekonstruksi wajah forensik.

Setelah di lakukannya tindakan tersebut, ada bagian mumi yang tidak lengkap. Tetapi, bagian bagian tubuhnya masih tetap terbungkus selama proses rekontruksi dijalankan.

 "Hal ini memungkinkan teknik non-invasif di mana kita mampu melihat seluruh lapisan spesimen, termasuk otot remanen dan semua tengkorak," ujar kurator di Harry Brookes Allen Museum of Anatomy and Pathology, University of Melbourne, Ryan Jefferies.

Jefferies berkata ."Ini merupakan pengetahuan kuat ke dalam kehidupan seseorang yang hidup ribuan tahun lalu. Kemajuan teknologi membuatnya semakin mudah...Sekarang kami dapat lebih akurat secara ilmiah dengan menggunakan kumpulan data yang kami gunakan dan menjadi lebih mudah untuk merekonstruksi,"





 

Pada sebuah ekskavasi pada 1907 hingga 1908, mumi itu ditemukan oleh antropolog Inggris, Frederic Wood Jones. Peninggalan itu ditemukannya saat ia menyelesaikan pekerjaan survei arkeolog di mesir selatan untuk menyimpan peninggalan kuno menjelang ekspansi Bendungan Aswan di Sungai Nil.

 Kemudian mumi tersebut  dibawa ke Australia oleh Jones saat bergabung dengan University of Melbourne sebagai kepala anatomi pada 1930.

Kepala mumi wanita itu telah disimpan selama lebih dari 90 tahun di ruang bawah tanah University of Melbourne. Menurut para peneliti, mumi tersebut merupakan perempuan muda yang meninggal antara usia 18 hingga 25 tahun.

Untuk merekonstruksi wajahnya, peneliti menentukan dari lebar mulut dan posisi gigi. Tak hanya itu, mereka juga menentukan bentuk hidung dan ukurannya melalui lubang hidung.
Para peneliti pun menemukan, wanita itu memiliki mata cukup besar. Sementara bagian tubuh lainnya hilang karena alasan yang tak diketahui.
Demikian penjelasan mengenai wanita cantik, yang ternyata adalah mumi
 


 

No comments:

Post a Comment